Web Link:
Berita Indonesia
Ekeperiment Dr. Lotto tentang Efek Ilusi

Bayangtv.com: Ilusi mata (ilusi optik) adalah ilusi yang terjadi karena kesalahan penangkapan mata manusia. Ada anggapan konvensional bahwa ada ilusi yang bersifat fisiologis dan ada ilusi yang bersifat kognitif.
Ilusifisiologis, seperti yang terjadi pada afterimages atau kesan gambar yang terjadi setelah melihat cahaya yang sangat terang atau melihat pola gambar tertentu dalam waktu lama. Ini diduga merupakan efek yang terjadi pada mata atau otak setelah mendapat rangsangan tertentu secara berlebihan.
IIlusi kognitif diasumsikan terjadi karena anggapan pikiran terhadap sesuatu di luar. Pada umumnya ilusi kognitif dibagi menjadi ilusi ambigu, ilusi distorsi, ilusi paradoks dan ilusi fiksional.
Pada ilusi ambigu, gambar atau objek bisa ditafsirkan secara berlainan. Contohnya adalah: kubus Necker dan vas Rubin.
Pada ilusi distorsi, terdapat distorsi ukuran, panjang atau sifat kurva (lurus lengkung). Contohnya adalah: ilusi dinding kafe dan ilusi Mueller -Lyer.



Bayang Reka Television Office:
3th floor, Grahita Indonesia Office Building
Jl. M. Toha, Blok D9/1, Bugel Mas Indah, Karawaci, Tangerang
Indonesia - 15113
e-mail: [email protected]
Phone/Fax : 021-5517190

Ilusi paradoks disebabkan karena objek yang paradoksikal atau tidak mungkin, misalnya pada segitiga Penrose atau 'tangga yang mustahil', seperti misalnya terlihat pada karya seni grafis M C Escher, berjudul "Naik dan Turun" serta "Air Terjun".
Ilusi fiksional didefinisikan sebagai persepsi terhadap objek yang sama sekali berbeda bagi seseorang tapi bukan bagi orang lain, seperti disebabkan karena schizoprenia atau halusinogen. Ini lebih tepatnya disebut dengan halusinasi.
Ilusi optik memanfaatkan pergeseran antara apa yang dilihat mata dan penerimaan otak. Melalui ilusi ini, terungkap cara sistem visual mengedit gambar yang diterima.

Proses ini terjadi bahkan sebelum Anda menyadarinya, seperti asisten pribadi, untuk menentukan apa yang penting dan tak penting untuk diperhatikan. Orang menciptakan ilusi optik jauh sebelum mengetahui cara kerjanya.

Kini, kemajuan dalam neurosains berhasil mengungkap proses visual yang membodohi otak. Meski begitu, masih ada ilusi yang membutuhkan penjelasan. Berikut ilusi terbaik yang pernah ada beserta cara kerjanya.

Checker Shadow Illusion
Pada papan ini, kotak A tampak jauh lebih gelap dibanding B. Menakjubkannya, seperti terlihat, A dan B sebenarnya memiliki warna sama. Dalam program edit gambar, keduanya memiliki nilai RGB 120-120-120.
Profesor sains visi Edward Adelson di MIT menciptakan ilusi ini pada 1995 guna memperagakan cara sistem visual manusia menyikapi bayangan. Saat berupaya menentukan warna satu permukaan, otak kita tahu bayangan tersebut
Efek Troxler

Pandangi crosshair ini selama 20 detik atau lebih kemudian tampak titik akan mengabur menjadi abu-abu. Ketiadaan satu titik menjadi titik hijau yang berputar. Trik visual ini disebut efek Troxler dan ditemukan polymath Swiss Ignaz Paul Vital Troxler pada 1804. Efek ini merupakan hasil dari kemampuan neuron visual yang mematikan kesadaran pada benda yang tak berubah serta meningkatkan persepsi pada benda. Gambar berwarna tetap pada tempatnya sementara ketiadaan titik bergerak. Hasilnya, transisi sistem visual untuk fokus hanya pada titik kosong dan membuat titik nyata menghilang.

Ilusi Hering

Pada ilusi geometri-optik ini yang ditemukan fisiolog Jerman Ewald Hering pada 1861 ini, dua garis lurus dan parallel tampak seolah melengkung keluar. Hering mengatakan, efek ini terjadi pada otak yang membuat otak menilai lebih sudut di titik persimpangan antara garis biru dan merah. Namun, mengapa kita salah memperhitungkannya?
Peneliti Mark Changizi dari Rensselaer Polytechnic Institute di New York yakin, ilusi ini berkenaan dengan kecenderungan manusia untuk memprediksi secara visual. Menurutnya, sistem visual manusia telah berevolusi untuk mengkompensasi penundaan neural melalui gambar yang akan terjadi sepersepuluh detik di masa depan.


RADIO STREAMING

PSIKOLOGI

KULIAH

KONSULTASI

HERBAL

TICKETING

GUEST HOUSE

INTERNET

KOMUNIKASI

WEBSITE

IKLAN GRATIS

SUPERMARKETKU

SNACK AND FOOD

LAUNDRY





BERANDA                TENTANG KAMI            ARSIP            TRENDING TOPIC
OLDER  << ------- >> NEWEST