WEB ARTICLE MEDIA


Suara Malaikat dari Bulgaria

Baca Artikel Sekarang
A photograph of sliced kiwifruit on a while plate

Suara Malaikat dari Bulgaria

Musik rakyat menjadi bagian yang sangat berperanan di Bulgaria. Berbagai jenis music rakyat yang biasanya dibawakan dalam bentuk ensemble merupakan bagian khas yang sangat menarik untuk dibicarakan. Dunia menyebut ensemble music mereka dengan sebutan "suara malaikat dari Bulgaria".Le Mystere des Voix Bulgares" adalah salah satu ensemble yang mendapat anugerah khusus di bidang seni langka yang memiliki daya tarik populer bagi masyarakat dunia. Dalam ensemble ini mereka saling bernyanyi tentang beberapa kisah sukses dalam berbagai perjalanan sejarah Bulgaria. Ensembel ini dibuat kurang lebih lima puluh tahun yang lalu, tujuannya adalah untuk memperkaya warisan budaya Bulgaria yang sangat terkenal dengan berbagai karya lagu rakyat dengan harmoni dan pengaturan warna nada yang indah dengan irama yang tidak teratur Keunikan dari ensemble ini karena mereka kerap kali mengubah suara menjadi warna vokal aneh seolah-olah sesuatu yang lain dari suara manusia. Sering kali di tengah tengah pertunjukannya ,beberapa instrumen aneh dimainkan. Mereka kadang berteriak, dan menambah ornament bunyi yang unik, memadukan suara glissando dan membiarkan irama-irama gila.

Mereka tak segan menambahkan suara lonceng, suara mesin jahit, sambil menari mengenakan baju-baju tradisional mereka.Paduan suara Bulgaria Voices Angelite adalah salah satu ansambel yang paling terkenal dalam kategori musik rakyat Balkan dan Bulgaria.Paduan suara ini dibentuk dalam naungan National Television Choir, pada tahun 1952, oleh Tanja Andreeva. Mereka terdiri 24 (duapuluh empat) penyanyi wanita dari seluruh bangsa di bawah kepemimpinan Georgy Petkov. Sebelum jatuhnya komunisme, Bulgaria Voices Angelite tidak diketahui dunia, tetapi kurun berjalannya waktu, ensemble ini berhasil menyihir dunia dengan menyajikan perpaduan tradisi klasik dan music rakyat. Perpaduan ini dilengkapi dengan penambahan suara-suara cara misterius. Sebenarnya Bulgaria Voices Angelite adalah kelompok ensemble yang telah membentuk gaya khas dengan cara memperkaya metode-metode pertunjukannya dengan penambahan seni inspiratif yang diilhami para composer Bulgaria modern seperti misalnya Philip Koutev, Stefan Kanev, Dimitar Dinev, Stefan Mutafchiev,dll. Spesialisasi paduan suara ini adalah peranan suara tenggorokan yang lebih dikenal dengan istilah Huun-Huur-Tu, mungkin di Indonesia lebih dikenal dengan "hur ketekuk" untuk menerukan bunyi "kutut". Musik Balkan berasal dari pertukaran musik antara Rusia, Yunani, Turki, Hungaria, Rumania dan Bulgaria, sehingga ketika mendengar paduan suara ini para pendengarnya merasa kehilangan batas-batas antara Timur dan Barat, muda dan tua, pop dan klasik.

Lagu tradisional Bulgaria memiliki dua kekhususan yang membedakannya dengan lagu rakyat lainnya yakni: 1.) menyanyi dua suara dan 2.) mereka mengutamakan sentuan suara ketika membangun karakter, sehingga lirik tidak sangat diutamakan (recitative epical). Tiga budaya leluhur utama Bulgaria masing-masing adalah Thracian, Slavia dan Proto-Bulgaria. Namun tampaknya warisan yang tertinggal hanya bukti fragmentaris mitologi dari masing-masing leluhur mereka. Mitologi ini kemudian dikombinasikan satu sama lain, dikembangkan dan diubah sehingga menghasilkan adat, kepercayaan, bentuk-bentuk artistik dan narasi tradisional yang mereka tempatkan dalam kehidupannya hingga era modern dan sekarang secara kolektif dikenal sebagai cerita rakyat Bulgaria.


Copyright © 2019 bayangtv.com